https://dishutkaltim.com/admin/images/gambar_berita/1685937592_WhatsApp Image 2023-06-05 at 11.57.02.jpeg

Bimbingan Teknis Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) dan reduced Impact Logging for Climate Change Mitigation (RIL-C)

Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur sedang melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Hutan Produksi Lestari dan Reduced Impact Logging for Climate Change Mitigation Pada Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan pada Hari Senin-Rabu, 5-7 Juni 2023 di Hotel Ibis Samarinda yang dibuka dengan sambutan dari Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kaltim dan dihadiri oleh Perusahaan-perusahaan PBPH Kalimantan Timur.
Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu :
1. Memberikan fasilitasi dan peningkatan kapasitas pemegang izin PBPH-HA dalam penerapan pengelolaan hutan berkelanjutan (PHPL) dan penerapan pembalakan berdampak rendah untuk mitigasi perubahan iklim (RIL C)
2. Mengarahkan pemegang izin PBPH-HA untuk mempersiapkan proses sertifikasi kehutanan (PHPL atau FSC)
Saat ini, Penerapan PHPL dan RIL-C secara menyeluruh masih menjadi tantangan tersendiri bagi pemegang izin PBPH, termasuk di Kalimantan Timur. Kemampuan atau kapasitas pemegang izin PBPH di hutan alam dalam penerapan pengelolaan hutan berbeda-beda. Beberapa sudah memiliki pemahaman dan pengetahuan untuk menerapkan aktivitas PHPL dan RIL-C yang cukup, namun ada juga yang masih memerlukan peningkatan kapasasitasnya.