https://dishutkaltim.com/admin/images/gambar_berita/1647673214_017A6090.JPG

Bimbingan Teknis PengarusUtamaan Gender dalam Perencanaan dan Penganggaran KPH Prov. Kaltim dan Prov. Kaltara

GIZ Propeat bekerja sama dengan Pokja PUG KLHK telah melaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis pengarusutamaan gender dalam dokumen perencanaan dan penganggaran Kesatuan Pengelolaan Hutan di Provinsi Kalimantan timur dan Kalimantan Utara, sebagai salah satu langkah untuk mendorong pelaksanaan pengarusutamaan gender di sektor lingkungan hidup dan kehutanan agar dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan bimbingan teknis dilakukan selama tiga hari dari 17-19 Maret 2022 di Hotel Sagita, Balikpapan dengan mengundang narasumber dari Pokja PUG KLHK, Pokja PUG Prov. Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, BPHP Wilayah XI Samarinda, Direktorat PHL, Pokja Gender KLHK, Prof. Ismi dan dari Kepala KPHL Balikpapan. 

Adapun tujuan dari bimbingan teknis ini yaitu:

  1. Meningkatkan pemahaman peserta pelatihan mengenai konsep gender dan integrasi perspektif gender dalam perencanaan dan penganggaran.
  2. Meningkatkan pemahaman peserta pelatihan mengenai konsep manajemen berbasis kinerja, metode dan alat analisis gender, ternasuk Gender Analysis Pathway (GAP)
  3. Meningkatkan pemahaman peserta kepada peserta pelatihan mengenai peraturan dan mekanisme perencanaan dan penganggaran KPH.