https://dishutkaltim.com/admin/images/gambar_berita/37poto 2.jpg

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat di Kec. Waru Kab. Penajam Paser Utara dan di Bontang

Keberadaan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) adalah penting sebagai salah satu pilar dalam pengembangan masyarakat (community development) dalam pengelolaan sumber daya hutan. PKSM bersifat saling melengkapi (complementary) dengan Penyuluh Kehutanan PNS dan Penyuluh Kehutanan Swasta. Oleh karena itu, tugas-tugas PKSM selaras dengan tugas-tugas yang diemban oleh Penyuluh Kehutanan PNS sebagaimana diatur pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.76/Menlhk/Setjen/ Kum.1/8/2016 tentang Penyuluh Kehutanan Swasta dan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat. Sesuai dengan konsep penyuluhan itu sendiri, PKSM selalu akan berhadapan dengan hal-hal substansi yang berkaitan dengan partisipasi, pemberdayaan, komunikasi, dan pengambilan keputusan. PKSM kemudian dijadikan sebagai model peran (role model) dan pendukung (support system) bagi individu atau kelompok masyarakat yang membutuhkan.

Dalam meningkatkan pengetahuan/keterampilan para PKSM, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas PKSM.  Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan para PKSM mampu memotivasi masyarakat agar mengetahui arti dan manfaat hutan serta mau berpartisipasi dalam membangun, melindungi, memanfaatkan dan melestarikan sumber daya alam hayati dan ekosistemnya terutama dalam mengembangkan teknik-teknik pemberdayaan masyarakat sasaran.

Hasil Kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) di Kec. Waru Kabupaten Penajam Paser Utara :

  1. Kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) di Hotel Titanium Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara dilaksanakan untuk memberikan motivasi bagi anggota-anggota Kelompok Tani Hutan menjadi calon PKSM, sehingga dapat membantu Penyuluh Kehutanan PNS yang jumlahnya terbatas dalam kegiatan penyuluhan kehutanan.
  2. Kegiatan Peningkatan PKSM diikuti oleh 15 (lima belas) orang anggota KTH yang dibina oleh UPTD KPHP Kendilo, UPTD KPHP Telake, UPTD KPHP Bongan dan UPTD KPHL Balikpapan, dengan narasumber Ibu Ir. Yanti Sofia (Widyaiswara BDLHK Samarinda) dan Bapak Rusdianto, S.Hut (Staf Seksi Pemberdayaan Masyarakat Hutan Dinas Kehutanan Kaltim). 

Hasil Kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) di Bontang :

    1. Kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) di Hotel Tiara Surya Bontang dilaksanakan untuk memberikan motivasi bagi anggota-anggota Kelompok Tani Hutan menjadi calon PKSM, sehingga dapat membantu Penyuluh Kehutanan PNS yang jumlahnya terbatas dalam kegiatan penyuluhan kehutanan.
    2. Kegiatan Peningkatan PKSM diikuti oleh 15 (lima belas) orang anggota KTH yang dibina oleh UPTD KPHP Bengalon, UPTD KPHP Santan, UPTD KPHP Das Belayan, dan UPTD KPHP Delta Mahakam, dengan narasumber : Bapak Desmon Hariman Sormin, S.Hut (Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Hutan Dinas Kehutanan Kaltim) dan Rr. Rina Ummu Hani’ Assalima, S.Sos (PKSM Dinas Kehutanan Prov. Jawa Timur).  Acara dibuka oleh Kepala Bidang Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat Hutan Ibu Ir. Rulliana, MP.