https://dishutkaltim.com/admin/images/gambar_berita/1690811179_gladi2023.jpeg

Simulasi Pemadaman Darat (Gladi Posko Kebakaran Hutan dan Lahan)

Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur mengadakan kegiatan Simulasi Pemadaman Darat (Gladi Posko Kebakaran Hutan dan Lahan) yang dilaksanakan tiap tahunnya. Kali ini kegiatan simulasi pemadaman darat diadakan di Bukit Bangkirai Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara pada tanggal 31 Juli s.d 4 Agustus 2023. Upacara Gladi Posko Karhutla dipimpin langsung dan sambutan dari Wakil Gubernur Kalimantan Timur Bapak H. Hadi Mulyadi, S.Si., M.Si dan dihadiri dengan atraksi simulasi pemadaman darat oleh peserta.

Dalam sambutan nya berharap melalui kegiatan ini, kita terus membangun upaya pencegahan Karhutla dengan kerjasama dan keterlibatan antara Lembaga, Dinas, Instansi Pusat dan Daerah, serta bersinergi dengan TNI, Polri, BNPB, BPBD dan satgas-satgas Provinsi, Kabupaten dan Kota. Semoga upaya kita semua dalam program ini mampu mengawal dan menjaga Kaltim sebagai paru-paru dunia yang saat ini telah ditunjuk menjadi Ibu Kota Nusantara, sekaligus mendapatkan apresiasi Pusat dan Bank Dunia melaui program FCPF Carbon Fund. Wagub juga mengajak dan mendorong agar semua stakeholders terkait Karhutla di Kaltim untuk terus meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian, berupa peningkatan status kedaruratan, patroli terpadu, water bombing dan pemadaman dini.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim H. Joko Istanto, S.P., M.Si mengatakan Gladi Posko Karhutla merupakan serangkaian kegiatan penanganan dan pengendalian Karhutla yang sudah final dan siap action dalam menghadapi Karhutla setiap tahunnya.