https://dishutkaltim.com/admin/images/gambar_berita/1686708608_Penyuluh 14.jpeg

Sosialisasi Pembentukan Penyuluh Kehutanan Swasta Bagi PBPH HA-HTI Provinsi Kaltim

Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur mengadakan Sosialisasi Pembentukan Penyuluh Kehutanan Swasta Bagi PBPH HA-HTI Provinsi Kalimantan Timur dengan tema “Peran Penyuluh Kehutanan Swasta Dalam Pendampingan Perhutanan Sosial” pada Hari Rabu, 14 Juni 2023 di Hotel Gran Senyiur Balikpapan.

Tujuan kegiatan adalah membentuk Penyuluh Kehutanan Swasta pada Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan (PBPH)-HA/HTI dalam menyebarluaskan dan mengawal kebijakan Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menjembatani kesenjangan akses pengelola sumber daya hutan antara perusahaan dengan masyarakat, dan penyelesaian konflik antara perusahaan dan masyarakat di sekitar hutan.
 
Peserta yang mengikuti kegiatan berjumlah 30 (tiga puluh) orang yang terdiri dari staf perizinan berusaha pemanfaatan hutan (PBPH)-HA/HTI Provinsi Kaltim, terutama yang mempunyai kompetensi dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat desa/penyuluhan/perhutanan sosial, dimana wilayah kerjanya berada di 17 UPTD KPHP/KPHL lingkup Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur.
 
Narasumber pada kegiatan ini yaitu :
1. Ibu Dr. Ir. Yumi, M.Si (penyuluh kehutanan madya dari pusat penyuluhan BP2SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan),
2. Bapak Eko Nopriadi, S.Hut, MT dari BPSKL Wilayah Kalimantan dan
3. Bapak Ir Yoyo Hariyadhi, MM dari Direktorat Jendral Pengendalian  Usaha Pemanfaatan Hutan KLHK